Ethereum bersiap untuk 'Merge' pada bulan September, dan itu tampaknya telah membawa optimisme kembali

- 23 Juli 2022, 10:46 WIB
Representasi cryptocurrency virtual ditempatkan pada uang kertas Dolar AS dalam ilustrasi ini diambil 28 November 2021.
Representasi cryptocurrency virtual ditempatkan pada uang kertas Dolar AS dalam ilustrasi ini diambil 28 November 2021. /foto: Reuters/Ilustrasi/DADO RUVIC/

PR KARANGASEM - Segmen cryptocurrency terpantau lesu selama berbulan-bulan. Dari nilai tertinggi yang dicapai pada bulan November, para investor mengalami kerugian spektakuler hingga mencapai lebih dari 65%. Ethereum menjadi salah satu yang terpengaruh dan saat ini sedang mencoba untuk bangkit kembali.

Faktor penguat terletak pada berita tentang 'Merge', perubahan yang sangat penting dalam platform ini. Semuanya menunjuk pada tanggal19 September sebagai tanggal untuk mengambil langkah tersebut, dan itu tampaknya telah memicu optimisme dalam mata uang ini.

September, bulan penting

"Kami menghadapi perubahan yang sangat penting dalam pengoperasian cryptocurrency ini. Dengan 'Merge' atau 'Fusion', yang akan diaktifkan adalah mekanisme konsensus baru di mana rantai blok Ethereum diperbarui". Dikutip dari akun Twitter superphiz.

Baca Juga: Bahkan Tesla tidak lagi memercayai bitcoin: perusahaan menjual 75% kriptonya untuk meminimalkan kerugian

Sampai saat ini, mekanisme yang sama yang digunakan dalam bitcoin telah digunakan, yang disebut Proof of Work (PoW), tetapi 'Merge' ini akan berarti perubahan mekanisme Proof of Stake (PoS). Salah satu konsekuensi langsungnya sangat menonjol: tidak mungkin menambang Ethereum seperti yang dilakukan sampai sekarang berdasarkan 'rig' dengan kartu grafis yang kuat.

Orang-orang hebat yang bertanggung jawab atas evolusi Ethereum baru-baru ini mengumumkan peta jalan awal untuk proses ini, dan menyoroti bahwa jika semuanya berjalan dengan baik, Fusion akan berlangsung pada 19 September. Ini bukan tanggal yang pasti, tetapi ada kemungkinan bahwa jika itu tidak terjadi pada hari itu, itu akan terjadi segera setelahnya.

Apakah optimisme kembali?

Berita ini tampaknya banyak berkaitan dengan kenaikan nilai yang telah dilihat Ethereum dalam beberapa hari terakhir.

Harga Ethereum 23 Juli 2022
Harga Ethereum 23 Juli 2022 Google Finance


Evolusi nilai ETH dalam sebulan terakhir

Dalam waktu kurang dari dua minggu kenaikannya signifikan dan telah menyebar ke mata uang kripto lain yang juga mulai pulih, meski tidak begitu terasa.

Para ahli menunjukkan bahwa tampaknya ada "kembalinya optimisme" di pasar crypto, dan harapannya adalah bahwa perubahan penting dalam jaringan Ethereum ini akan terus mendorong segmen yang telah turun secara dramatis dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Harga Emas Pegadaian Hari Ini 12 Juli 2022 Turun, Waktu Yang Tepat Untuk Investasi

Ethereum masih memiliki jalan panjang untuk dilalui

Perubahan penting ini tidak akan menjadi satu-satunya yang dihadapi platform. Untuk penciptanya, Vitalik Buterin, evolusi Ethereum beru mencapai 40%, dan setelah 'Merge' akan ada fase lain yang dibaptis Buterin dengan nama berima, mungkin dengan sarkasme tertentu. Jadi, saya mengatakan bahwa setelah 'merge' kita akan memiliki 'surge', 'verge', 'purge' dan 'splurge'

Pengembang ini menjelaskan bagaimana fase-fase ini akan mempengaruhi penskalaan, pembersihan, dan evolusi platform cryptocurrency ini yang menurut para ahli kurang matang daripada Bitcoin. Meskipun ada pembicaraan bahwa Bitcoin adalah 80% selesai sebagai platform, Ethereum akan selesai 55% setelah Penggabungan.

Dengan demikian, dalam 'lonjakan', kapasitas 'sharding' akan ditambahkan untuk penskalaan platform, yang secara teoritis akan memungkinkan lebih banyak transaksi diproses dalam waktu yang lebih singkat: dari 15-20 transaksi per detik bisa mencapai sekitar 100.000 transaksi per detik.***

Editor: Tedih Rahmansyah


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x