10 Keterampilan Kerja yang Akan Paling Dihargai di Masa Depan, Menurut Forum Ekonomi Dunia

- 10 Agustus 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi robot.
Ilustrasi robot. /Pexels/Pavel Danilyuk/

PR KARANGASEM - Masa depan pekerjaan adalah teknologi dan digital. Namun, di luar pengetahuan dan pengalaman teknis untuk melakukan posisi tersebut, perusahaan juga cenderung mencari profesional dengan keterampilan transversal tertentu yang menguntungkan perusahaan dari perspektif yang juga penting bagi bisnis mereka, seperti kreativitas, pemikiran kritis, kepemimpinan, atau kecerdasan emosional.

Sedemikian rupa sehingga Forum Ekonomi Dunia (WEF, untuk akronimnya dalam bahasa Inggris) menyusun daftar sepuluh keterampilan yang mereka perkirakan akan paling diminati oleh pengusaha pada tahun 2025.

WEF memperkirakan bahwa pada tahun 2025 sekitar 85 juta pekerjaan akan hilang karena otomatisasi yang berasal dari kemajuan teknologi, sehingga para ahlinya menganggap bahwa keterampilan terbaik untuk pekerja pada tahun itu adalah keterampilan yang secara intrinsik manusiawi dan tidak mungkin untuk ditiru oleh mesin.

Untuk alasan ini, pemikiran kritis dan pemecahan masalah berada di urutan teratas daftar keterampilan yang diyakini pengusaha akan sangat penting bagi para profesional di tahun 2025.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Mengumumkan Fitur Privasi Baru di iPhone dan Android

10 Keterampilan Kerja yang Akan Paling Dihargai di Masa Depan adalah :

  1. pemikiran kritis dan pemecahan masalah
  2. pembelajaran aktif;
  3. kreativitas, orisinalitas dan inisiatif;
  4. pemikiran analitis;
  5. kepemimpinan dan pengaruh sosial;
  6. penggunaan dan penguasaan teknologi;
  7. desain dan pemrograman teknologi;
  8. ketahanan, toleransi stres dan fleksibilitas;
  9. penalaran, kemampuan untuk membentuk ide dan konsep;
  10. pemecahan masalah yang kompleks.

WEF menunjukkan bahwa banyak pekerja membutuhkan pelatihan ulang untuk dapat memperoleh jenis keterampilan ini, sesuatu yang menurut mereka hanya dapat memakan waktu satu atau dua bulan dalam kasus salah satu dari sepuluh keterampilan terkait humaniora yang muncul dalam daftar, dan dua hingga tiga bulan dalam hal-hal yang berkaitan dengan sains dan teknologi.

Perkiraan yang cukup dipertanyakan, karena bagian penting dari keterampilan yang ditentukan dalam daftar berkaitan dengan kemampuan pribadi yang meskipun dapat dilatih, tidak diperoleh dalam beberapa bulan.

Baca Juga: Polri Sebut Bharada E Menembak Brigadir J Atas Perintah Ferdy Sambo

Halaman:

Editor: Tedih Rahmansyah

Sumber: weforum.org


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x